Published On: Jum, Des 4th, 2015

2016 Desa Dapat Dana Rp. 1 Miliar Lebih

TUBAN

BUDI WIYANA: Untuk tahun 2016 mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yaitu sebesar  4,49 persen.

BUDI WIYANA

seputartuban.com – Pemerintah Desa di Tuban pada 2016 akan mengelola lebih banyak uang. Karena Pemerintah Kabupaten Tuban memperoleh dana desa (DD) yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 197 miliar.  Jumlah ini naik 100 persen lebih dari tahun 2015, yakni Rp. 88 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tuban, Budi Wiyana mengatakan, perolehan dana desa tersebut sesuai dengan pengajuan dari pemerintah daerah dan disesuaikan dengan anggaran dari pemerintah pusat. “Alhamdulilah tahun ini  dana desa yang kita terima mengalami kenaikan yang cukup besar yaitu 100 persen lebih,” kata Sekda Tuban, Budi Wiyana Rabu (2/12/2015) siang.

Pembagian dana desa sama dengan sebelumnya. Yaitu 90 persen dana secara rata, sedangkan 10 persennya dibagi secara proporsional. Yakni 10 persen berdasarkan indikator luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah warga miskin dan letak geografis. “Untuk pembagiannya seperti tahun lalu, 90 persen dibagi rata dan 10 persen dibagi secara proporsional,” sambungnya.

 Dengan alokasi ini jelas Pemerintah Desa akan mendapatkan dana desa lebih banyak dari pada sebelumnya. Ditambah dengan Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana bagi hasil pajak. Diperkirakan desa yang memiliki jumlah pendidik lebih banyak dan penyumbang pajak banyak akan mendapatkan dana Rp. 1 miliar lebih.

Saat ini Pemkab Tuban masih belum menerima petunjuk teknis dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan anggaran 2016.. Namun untuk pendamping desa dimungkinkan tahun anggaran 2016 sudah terbentuk sehingga pelaksanaan dana tersebut bisa lebih maksimal dan sesuai dengan harapan pemerintah pusat.

Saat ini penggunaan dana desa 2015 belum terserap 100 persen meski sudah diakhir tahun anggaran. Karena molornya pencairan dana dan perubahan regulasi dari pemerintah pusat. Kendala lain adalah belum adanya pendamping desa yang dibiayai pemerintah pusat. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author