Published On: Sel, Jan 19th, 2016

2016 ADD Rp. 114 Milar Sebagai Berkah Dan Musibah

Share This
Tags

TUBAN

DANA SEGAR : Sosialisasi ADD di Gedung Korpri Tuban

DANA SEGAR : Sosialisasi ADD di Gedung Korpri Tuban

seputartuban.com – Pemerintah Desa di Kabupaten Tuban pada 2016 akan lebih banyak menerima dana segar. Alokasi Dana Desa (ADD) lebih banyak diberikan dari pada 2015. Naiknya anggaran itu diharapkan berdampak positif bagi pembangunan desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB), Mahmudi, Selasa (19/1/2016), di Gedung Korpri mengatakan tahun anggaran 2016, ADD untuk 311 desa se-Kabupaten Tuban Rp. 114.436.147.300. Sedangkan ADD 2015 sebanyak Rp 107,2 miliar.

ADD digunakan untuk membiayai kegiatan penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa dan perangkat desa. operasional pemerintahan desa, tunjangan dan operasional BPD, LPMD, Karang Taruna, Posyandu dan PKK. Serta operasional Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Lebih lanjut Mahmudi menjelaskan besaran dana yang diterima desa berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah penduduk miskin, dan kesulitan geografis. “Untuk pembagian ADD ini bervariasi, tidak bisa semua disamakan. Karena masing-masing kebutuhan anggaran tiap desa itu berbeda, dengan mengacu pada keempat faktor tersebut,” katanya.

Pemdes diharapkan bijak dalam pengelolaan anggaran tersebut, baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pertanggung jawaban maupun pelaporan. Seluruh penggunaan anggaran akan diperiksa inpektorat Pemkab Tuban. Jika ditemukan pelanggaran akan ditindak tegas dengan sangsi sesuai aturan. “Dana yang cukup besar merupakan anugerah sekaligus musibah, apabila kita tidak hati hati dalam pengelolaannya,” tandasnya.

Sehingga seluruh pemerintah desa dituntut menggunakan anggaran sesuai ketentuan dan segera dapat dilaporkan penggunaannya. Di Kabupaten Tuban dasar hukum pengelolaan ADD adalah Perbup nomor 20 Tahun 2015 dan Perbup Nomor 21 Tahun 2015 tentang tata cara dan pengelolaan ADD. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author