Published On: Kam, Jan 22nd, 2015

2015 PU Tuban Genjot Penerangan Jalan

TUBAN

PENTING: Penerangan jalan umum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya jalan.

PENTING: Penerangan jalan umum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya jalan.

seputartuban.com–Minimnya lampu penerangan jalan raya yang menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas, membuat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban tahun ini fokus menggenjot infrastruktur tersebut.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas PU Tuban Lilik Subianto, mengatakan pengadaan infrastruktur penerangan jalan tersebut akan diprioritaskan pada ruas jalan di Kecamatan Singgahan, Plumpang, Bangilan, Jenu, Bancar serta Kecamatan Rengel.

Hanya saja, kata dia, sejauh ini masih mengerjakan perhitungan anggaran untuk pengerjaan proyek penerangan jalan tersebut.

“untuk prioritas pengadaan penerangan jalan umum tersebut masih kami lakukan perhitungan anggaran. Sedang untuk prosesi pelelangannya akan kami laksanakan Februari nanti. Prediksi kasarnya, bulan berikutnya (Maret) sudah langsung bisa dikerjakan” terang Lilik, Kamis (22/01/2015) siang.

Pada bagian lain, Lilik mengingatkan penerangan jalan umum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya jalan. Tujuan utama dari penerangan jalan adalah untuk menghasilkan kecepatan, keakuratan dan kenyamanan penglihatan di waktu malam hari.

Juga menjaga kualitas jarak pandang, serta memudahkan bagi kendaraan yang melintas dan juga pejalan kaki. Fungsi penerangan jalan umum selain untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara, khususnya untuk mengantisipasi situasi perjalanan pada malam hari juga untuk keamanan lingkungan atau mencegah kriminalitas.

Selain itu yang tak kalah penting, memberikan kenyamanan dan keindahan lingkungan jalan. Penerangan jalan umum meliputi penerangan pada jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal dan jalan lingkungan.

“Dalam pengelolaan penerangan jalan umum kita juga harus mengakomodasi pola tata ruang dan konsentrasi pusat kegiatan,” tandas Lilik. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author