Published On: Sen, Jan 26th, 2015

2015, Pembangunan Jalan Tuban Sedot Rp 112 M

TUBAN

ALTERNATIF: Total APBD 2015 yang akan disedot untuk pembangunan jalan di Kabupaten Tuban mencapai Rp 112 miliar.

ALTERNATIF: Total APBD 2015 yang akan disedot untuk pembangunan jalan di Kabupaten Tuban mencapai Rp 112 miliar.

seputartuban.com-Infrastruktur jalan identik dengan urat nadi perekonomian sebuah wilayah, mengingat perannya dalam menghubungkan serta meningkatkan pergerakan manusia dan barang, sangat penting.

Sebagai upaya memangkas dikotomi antar wilayah, tahun  2015 ini Pemkab Tuban masih fokus menggenjot pembangunan jalan yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Program ini sekaligus running kebijakan serupa yang tahun 2014 lalu dianggap belum tuntas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich, mengatakan prioritas tahun ini adalah pembangunan jalan yang mengarah ke jalan nasional.

“Salah satunya pembangunan jalan dari Kecamatan Merakurak menuju Kecamatan Singgahan,” jelas Kepala PU Tuban, Choliq Qunnasich, Senin (26/01/2015) siang.

Menurut, pembangunan jalan ini bertujuan untuk mengurai kepadatan yang terjadi sekarang akibat peningkatan arus lalu lintas setiap tahunnya. Konsep teknisnya, jalan arah jalur nasional akan dilakukan pelebaran.

Yakni, dari sebelumnya lebar enam meter menjadi delapan meter. Dengan pelebaran tersebut diharapkan bisa menjadi jalur alternatif, seperti dari Kecamatan Merakurak menuju  Kecamatan Singgahan.

“Jalan itu saat ini kondisinya sangat ramai dan menjadi jalur alternatif para pengguna jalan sehingga perlu dilakukan pelebaran,” terang Choliq.

Selain itu, sambung dia, juga akan dilakukan pelebaran untuk jalan Kecamatan Merakurak arah Kecamatan Jenu, serta jalan dari Kecamatan Kerek menuju Desa Glondonggede Kecamatan Tambakboyo.

“Sebab jalur-jalur itu menuju kawasan industri sehingga perlu segera dilakukan pelebaran,” tandas dia.

Disebutkan, total APBD 2015 yang akan disedot untuk pembangunan tersebut mencapai Rp 112 miliar. Jumlah itu belum termasuk PAPBD yang direncanakan mengalami peningkatan.
Sementara tahun 2014 lalu total dana pembangunan jalan mencapai Rp 148 miliar.

“Saat ini sedang dilakukan persiapan pelaksaan tender. Rencananya akan dilaksanakan bulan depan,” katanya.  MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author