Published On: Sen, Okt 27th, 2014

200 Perwira Polres Tuban Jalani Tes Urine

TUBAN

CEGAH NARKOBA: Kapolres Tuban ABP Ucu Kuspriyadi menunjukkan sample urine para perwira, Senin (27/10/2014) siang.

CEGAH NARKOBA: Kapolres Tuban ABP Ucu Kuspriyadi menunjukkan sample urine para perwira, Senin (27/10/2014) siang. (foto: ARIF AHMAD AKBAR)

seputartuban.com-Maraknya peredaran narkoba di tengah masyarakat dengan kecanggihan modus operasinya, bukan tidak mungkin akan membuat anggota Polri selaku penegak garda depan “tergoda” untuk mencicipinya. Terbukti, serangkaian catatan kelam telah menyeret penggawa korps baju coklat ini dalam pusaran narkoba.

Berkaitan itu, mengantisipasi peredaran narkoba di lingkungan kepolisian, Polres Tuban menggelar tes urine terhadap anggotanya, Senin (27/10/2014) siang.

Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi, mengatakan metode tes dilakukan dengan menggunakan tiga indikator. Sehingga bagi anggota yang terindikasi menggunakan narkoba jenis apapun dapat terdeteksi.

Dalam pelaksanaannya seluruh anggota digiring menuju ruang gedung Serbaguna Polres Tuban untuk melakukan tes urine guna mendeteksi adanya kandungan narkoba dan obat-obatan terlarang atau tidak.

Selain bintara, seluruh perwira mulai kanit, kasat, kabag dan  dan bahkan kapolres tak juga tak luput menjadi sasaran tes urine yang digelar bersama  dengan tim laboratorium kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara  Bojonegoro.

“Tes urine ini diikuti setidaknya 200 perwira Polres Tuban. Jika terbukti sebagai pecandu ataupun pemakai tidak ada toleransi. Semua akan ditindak sesuai hukum dan peraturan yang berlaku. Sebagai anggota Polri harus mampu menjadi tauladan,” papar Ucu di sela gelar tes urine.

Dia menjelaskan, khusus untuk urine dari para perwira yang telah dikumpulkan akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Selebihnya akan dilakukan pengelompokan sesuai jenjang kepangkatannya.

Sementara ketua tim pelaksana rangkaian tes Urine Rumah Sakit Bayangkara Bojonegoro, dokter Fani, untuk contoh urine akan dicek di laboratorium kedokteran.

“Hasilnya akan segera diketahui dalam kurun waktu antara tiga sampai empat hari mendatang,” tandas Fani.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos