Published On: Jum, Agu 14th, 2015

20 Puskesmas Akan Dapat Ambulan Baru

TUBAN

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian  tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

seputartuban.com-Tahun ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban akan meluncurkan 22 unit mobil  ambulan untuk 20 puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan.

Total anggaran untuk pembelian baru tersebut mencapai Rp 6,5 miliar bersumber dari pendapatan daerah pajak rokok. Rinciannya tahun 2015 sebesar Rp 4,15 miliar dan sisa 2014 sejumlah Rp 2,35 miliar yang dimasukkan dalam PAPBD 2015.

Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, mengatakan pengadaan kendaraan ambulan itu sebagai bentuk upaya peningkatan layanan kesehatan terhadap masyarakat. Karena kesehatan merupakan tanggungjawab pemerintah yang wajib dilaksanakan.

Disebutkan, untuk 20 unit ambulan masing-masing seharga Rp 279 juta. Sementara dua unit lainnya masing-masing seharga Rp 197,5 juta.

“Pengadaan ambulan ini semata agar layanan di puskesmas-puskesmas semakin meningkat,” tutur Saiful, Jumat (14/8/2015) siang.

Alasan lain, menurut dia, adalah faktor peremajaan. Mengingat kondisi mobil ambulan yang ada di 33 puskesmas sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sementara ambulan yang ada saat ini akan dipakai untuk  operasional kegiatan puskesmas.

“Yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian tahun 2005. Banyak
yang sudah sering mogok saat mau dipakai,” keluh Saiful.

Sebanyak 22 unit ambulan itu rencananya akan diluncurkan ke Puskesmas Palang, Sumurgung, Tuban, Temandang, Prambon Tergayang, Widang, Compreng, Kebonsari, Singgahan, Parengan, Ponco,  Montong, Jetak, Rengel, Kebonharjo, Soko, Bangilan, Bulu, Bancar, Gaji, Jenu dan Puskesmas Grabakan. Sedangkan dua unit lainya akan digunakan untuk operasional GFK dan Labkes.

“Kalau PAPBD sudah disepakati nanti langsung akan kita realisasikan,” tandas Saiful.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author