Published On: Jum, Jun 15th, 2012

194 Pemuda Mendaftar Bintara dan Tamtama Polri

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Sejak dibuka pendaftaran pada 5 Juni lalu tercatat di Mapolres Tuban sudah sebanyak 194 pendaftar Tamtama dan Bintara Polri. Lowongan penugasan sebagai Brimob, Dalmas dan Polair nampaknya selama sepekan lebih ini lebih banyak yang mendaftarkan sebagai calon Bintara Polri.

Tercatat pendaftar sementara calon Bintara sebanyak 172 orang, sedangkan untuk pendaftar yang memilih menjadi calonTamtama sebanyak 22 orang.

Dalam pendaftaran kali ini, Polres Tuban langsung ditangani oleh Bagian Sumda Polres Tuban sebagai panitia lokal. Staf Bagian Sumda Polres Tuban, Aiptu Suganda ketika dikonfirmasi, Kamis (15/06/2012) mengatakan banyaknya peminat tersebut paling banyak dari kalangan pelajar yang baru saja lulus sekolah sekitar 1 hingga 3 tahun yang lalu.

Sedangkan untuk meneliti berkas pendaftaran, Polres Tuban melibatkan Dinas Ketenagakerjaan Kependudukan dan Catatan Sipil (Nakerdukcapil) untuk memastikan keabsahan data kependudukan yang dilampirkan dalam pendaftaran. Diantaranya Akte kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Sedangkan Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, dilibatkan untuk mengetahui keabsahan ijazah. Selain itu, pendaftar juga harus memenuhi sejumlah persyaratan lain diantaranya tinggi sekurang-kurangnya badan 170 Cm seimbang dengan berat badan.

“Berat seimbang maksudnya, tinggi badan dikurangi berat badan atau tinggi badan dikurangi 100Cm sama dengan berat badan ideal,” jelas AIPTU Suganda.

Syarat lain adalah syarat usia dihitung sampai 1 Agustus 2012 untuk Bintara maksimal 17 tahun 6 bulan, dan Tamtama 17 tahun 5 bulan.

“Setelah penutupan pendaftaran yang dilakukan pada hari ini (15/06/2012), rencananya semua calon akan dilakukan tes kesehatan, apabila tidak masuk seleksi kesehatan maka akan gugur, namun jika lolos dalam tes kesehatan maka berkas pendaftaran akan dikirim langsung ke Polda Jatim,” pungkasnya.

Foto : Suasana pendaftaran calon Bintara dan Tamtama Polri di Mapolres Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos