Published On: Sab, Des 7th, 2013

18 Keluarga Transmigrasi Ke Sumatra Selatan

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – 18 Kepala Keluarga (KK) dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban akan mengikuti program transmigrasi ke wilayah Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Mereka mengajukan transmigrasi dengan berbagai alasan. Diantaranya untuk merubah nasib atau kondisi ekonomi lebih baik.

Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Tuban, Moh Nawawi

Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Tuban, Moh Nawawi

Mereka tercatat dari keluarga miskin. Dengan rincian dari Kecamatan Soko sebanyak 11 KK. Kecamatan Rengel 4 KK, sedangkan Kecamatan Plumpang, Palang dan Singgahan masing-masing 1 KK. Mereka berkeinginan pindah karena mendapatkan informasi dari tetangganya yang bekerja dan hidup di daerah Banyuasin tersebut, dapat hidup lebih layak.

Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban, Moh. Nawawi saat dikonfirmasi, Jum’at (06/12/2013) mengatakan para transmigran ini akan diberikan sarana dan prasarana. Diantaranya fasilitas pelatihan dari Provinsi Jawa Timur.

“Sebelum diberangkatkan para calon transmigran akan diberikan pelatihan selama dua minggu. Bentuknya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang ada di Kabupaten Banyuasin” kata Nawawi

Selain itu juga akan memberikan bantuan pemberangkatan para calon transmigran. Serta akan diajak meliat lokasi transmigrasi terlebih dahulu.

Nawawi juga menjelaskan,  para transmigran tersebut akan mendapatkan lahan seluas 2 hektar untuk tiap-tiap kepala keluarganya. Yang terdiri dari 0,25 hektar untuk rumah dan pekarangan. Kemudian 0,75 hektar lahan perkebunan siap pakai, sedangkan untuk yang 1 hektar lahan yang masih belum dibuka.

Diketahui, selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini belum pernah ada program transmigrasi dari pemerintah. Karena masyarakat tidak ada yang berminat. “Kita coba membuat program ini dan ternyata ada yang mau. Saat ini kita lakukan sosialisasi diseluruh kecamatan ada di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (lis)

Facebook Comments

About the Author