Published On: Sen, Mar 28th, 2016

168 Kelompok Tani Terima Alsintan Tahun Ini

Share This
Tags

TUBAN

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah pusat yang akan segera didistribuan kepada kelompok tani. (foto: MUHLISIN)

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah pusat. (foto: MUHLISIN)

seputartuban.com – Sebanyak 168 kelompok tani yang ada di Kabupaten Tuban akan menerima alat dan mesin pertanian (Alsintan). Berupa 153 unit traktor dan 15 unit pompa air. Alat tersebut berasal dari bantuan pemerintah pusat melalui dana APBN 2016. Saat ini peralatan sudah berada di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tuban.

Kabag Humas dan Media Setda Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan kelompok tani penerima diprioritaskan bagi yang belum pernah menerima bantuan. “Saat ini sedang dilakukan verifikasi calon penerima bantuan. Diutamakan kelompok tani yang belum menerima bantuan,” kata Teguh, Jumat (25/3/2016).

Selain itu, persyaratan bagi kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan harus berbadan hukum. Hal ini sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai tindak lanjut undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Sedangkan permasalahan hingga saat ini masih belum ada solusinya adalah pemanfaatan bantuan Alsintan masih dikuasi perseorangan atau Ketua kelompok tani saja. Pemkab Tuban belum mampu menertibkan penggunaan bantuan sesuai aturan. “Penggunaan bantuan tersebut harus dimusyawarahkan semua anggota kelompok. Tidak boleh hanya dimanfaatkan untuk perseorangan,” tegas Teguh.

Anggota Komisi B DPRD Tuban, Rasmani berharap agar ada tindakan atau solusi dari Pemkab Tuban melalui Dinas Pertanian untuk mengatasi masalah penyimpangan penggunaan bantuan. Sebab hingga saat ini yang tahu tentang bantuan itu sebagian besar hanya Ketua saja. Karena tidak pernah ada sosialisasi atau pemberian pengertian kepada anggota kelompok tani. “Pentingnya sosialisasi bantuan kepada masyarakat, sebab banyak petani yang tidak tahu bantuan tersebut,” ujar Rasmani.

Diperlukan ketegasan dari Pemkab Tuban, agar bantuan Alsintan tidak dikuasai orang tertentu. Bahkan jika diperlukan perlu dilakukan penyegaran kepengurusan kelompok tani. Karena hingga saat ini yang menjadi pengurus sebagian besar adalah perangkat desa. “Saya sudah sering mengusulkan agar dilakukan perubahan kepengurusan kelompok tani dan juga tindakan tegas terhadap mereka yang tidak taat aturan,” harapnya.

Diketahui, selama 2015 lalu ada sebanyak 111 unit traktor dan 2 unit transplanter yang diberikan kepada kelompok tani. Sedangkan tahun ini mengalami peningkatan, sebanyak 168 unit terdiri dari 153 unit traktor dan 15 unit pompa air. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author