Published On: Kam, Sep 18th, 2014

13 Putra-Putri Tuban Lolos Seleksi IPDN

TUBAN

TIDAK OTOMATIS: Jika selama ini lulusan IPDN langsung diangkat menjadi PNSnamun tidak demikian untuk tahun-tahun berikutnya.

TIDAK OTOMATIS: Jika selama ini lulusan IPDN langsung diangkat menjadi PNSnamun tidak demikian untuk tahun-tahun berikutnya.

seputartuban.com– Sebanyak 13 putra-putri dari Kabupaten Tuban lulusan SMA lulus dalam seleksi umum penerimaan calon praja institut pemerintahan dalam negeri (IPDN) untuk tahun 2014 ini.

Meski begitu, dari ke- 13 pelajar ini masih harus mengikuti tes selanjutnya, baru kemudian bisa mengikuti pendidikan di fakultas yang dianggap masyarakat hanya untuk putra-putri pejabat saja.

Sebelumnya ada sebanyak 29 pelajar yang mengikuti tes tersebut. Sebanyak 16 lainnya yang gugur dalam seleksi ini terkendala kurang tinggi badana yang menjadi persyaratan utama.

“Mereka yang tidak lulus itu karena tinggi badanya kurang dari 165 centimeter. Nilainya rata-rata harus tujuh dan fisiknya harus bagus,” kata Ketua BKD Tuban, Nur Hasan, Kamis (19/09/2014) siang.

Disebutkan, bagi mereka yang lulus seleksoi praja IPDN tersebut akan menempuh pendidikan ikatan dinas selama empat tahun di kampus Jalan Raya Jatinangor km 20, Sumedang, Jawa Barat.

Sekadar mengingatkan, Jika selama ini lulusan IPDN langsung diangkat menjadi PNS di kementerian terkait dalam hal ini Kemendagri, namun tidak demikian untuk tahun-tahun berikutnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali mengeluarkan kebijakan, khususnya pada sekolah kedinasan yang terikat dengan pemerintah, yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kemenpan RB menilai, kondisi ini kurang memenuhi aspek keadilan masyarakat. Sehingga Kemenpan mengambil kebijakan baru, yakni lulusan IPDN tidak harus langsung menjadi PNS, namun harus mengikuti tes CPNS seperti sarjana-sarjana non kedinasan. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos