Published On: Sel, Nov 20th, 2012

111 Lowongan Perangkat Desa Diperebutkan 484 Peserta

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

seputartuban.com – Kekosongan jabatan 111 perangkat desa Se-Kabupaten Tuban, Selasa (20/11/2012) diperebutkan 484 peserta ujiuan. Mereka menjalani tes tulis yang digelar serentak ditiap Kecamatan Se-Kabupaten Tuban.

Peserta saat ujian disodori 4 materi dan dapat lulus jika nilainya masing-masing materi tersebut diatas 60. Kemudian setelah dinyatakan lulus, dirangking dengan peserta lain yang sama-sama lulus dan memperebutkan posisi yang sama.

Dan nilai tertinggi dari peserta lulus, dinyatakan berhak mengisi kekosongan jabatan perangkat desa yang dimaksud. Materinya adalah bahasa Indonesia, pemerintahan dan pembangunan, pengetahuan umum dan agama.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan KB (Bapemas dan KB) Pemkab Tuban, Ahmad Amin Sutoyo mengungkapkan pihaknya hanya menyediakan soal yang diujikan saja. “untuk pelaksananya di kantor kecamatan masing-masing. Kita hanya menyediakan soal untuk standarisasi ujian,” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, ujian ini diawasi oleh panitia penerimaan yang dibentuk pemerintah desa. Dan hasil ujianya langsung diskorsing dilokasi ujian kemudian diumumkan saat itu pula. Sehingg sampai sore hari, Bapemas dan KB masih mengumpulkan data se-Kabupaten Tuban tentang kelulusan, nilai draw maupun yang gagal jadi perangkat desa.

“Untuk pendanaan ujian ini ditanggung peserta dan tergantung desanya. Dan ini kewenangan sepenuhnya dari panitia desa,” jelasnya.

Foto : Ujian perangkat desa di Halaman Kantor Kecamatan Merakurak

Facebook Comments

About the Author

Videos