Published On: Kam, Jun 20th, 2013

114 CJH Tuban Gagal Berangkat Ke Tanah Suci

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 114 Calon Jamaah Haji  (CJH) Kabupaten Tuban gagal berangkat haji. Hal ini dampak dari pengurangan kuota CJH oleh Pemerintah. Karena Arab Saudi memutuskan jatah jama’ah haji dari Indonesia dikurangi 20%.

Pelayanan di Seksi Haji dan Umroh Kemenag Tuban

Pelayanan di Seksi Haji dan Umroh Kemenag Tuban

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Siti Maulidiyah. Saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (20/06/2013) mengatakan pengurangan haji sudah disampaikan oleh Dirjen Kementrian Agama sejak tanggal (15/06/2013) lalu.

Dan ditindak lanjuti surat dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim tanggal (17/06/2013) lalu. Dan saat ini 725 CJH sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH). Dengan pengurangan kuota ini, sebanyak 114 CJH terancam gagal berangkat ke tanah suci. Dan tahun 2013 ini CJH asal Kab. Tuban yang akan diberangkatkan ketanah suci sebanyak 611 jama’ah.

“memang Tuban juga terkena pengurangan kuota pemberangkatan haji sebesar 20 %. Memang semuanya juga begitu, itu kebijakan Arab Saudi. Bojonegoro dan Gresik malah lebih besar. Kita hanya mengikuti saja, “ katanya.

Pihak Kementrian Agama akan terus berupaya agar seluruh CJH yang sudah melunasi BPIH dapat diberangkatkan semua. “tanggal (27/06/2013) nanti baru bisa dipastikan apakah memang ada pengurangan atau tidak. Surat resmi memang sudah ada. Karena saat ini kita masih melakukan lobi lagi, “ lanjutnya.

Hingga saat ini pihak Seksi Haji dan Umroh Kemenag Tuban belum memberikan surat resmi kepada CJH yang terancam batal berangkat. “kita akan memberi penjelasan dengan acara agama saja. Kita belum beri surat resmi pembatalan, hanya melalui mulut ke mulut saja. Untuk yang gagal ini tidak ada pengaruh kenaikan pembayaran tahun depan, itu janji menteri agama,“ ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author