Published On: Sab, Jul 8th, 2017

105 Pakibra Telah Terpilih, Formasi Beda Dari Biasanya

seputartuban.com, TUBAN – Sebanyak 105 pelajar se-Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai Peasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara 17 Agustus mendatang. 53 pelajar putra dan 52 pelajar putri itu telah melalui seleksi sejak Selasa (4/7/2017) sampai dengan Kamis (6/7/2017).

PELAJAR TERPILIH : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo saat melihat calon Paskibra yang lolos seleksi akhir

Mereka dinyatakan lolos tahapan penyeleksian meliputi tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes baris berbaris dan tes Penentuan Akhir (Pantukhir). Mereka selanjutnya harus menyiapkan fisik dan mentalnya untuk mengikuti pelatihan mulai pertengahan bulan ini.

Menurut Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Tuban, Chiko Irwanto mengatakan direncakan pasukan TNI dan Polri akan bertugas sebagai pengawal pasukan. Kondisi itu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini mulai disesuaikan sesuai regulasi yang ada, tujuan tidak melibatkan TNI / POLRI ialah untuk memberikan kesempatan pada generasi muda agar turut berpartisipasi penuh,” katanya.

Secara teknis, aturan bagi anggota Paskibra yang bertugas mengibarkan bendera saat upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diisi oleh para pelajar. Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

Selama pelatihan, seluruh calon Paskibra akan ditangani Kodim 0811/Tuban, Polres Tuban, Kompi C Yonmek 521/DY, serta Kesbangpol Pemkab Tuban. Pelajar putra dan putri terpilih tersebut selain diharapkan sukses dalam melaksanakan tugas mengibarkan bendera, keterlibatan para pelajar tersebut diharapkan dapat menyebarluaskan semangat untuk membangun karakter kebangsaan. “Tahun ini penerimaan Paskibraka berbeda, jika ditahun sebelumnya peserta yang dilibatkan hanya berjumlah 33 siswa terdiri dari 16 putri dan 17 putra, tahun ini bertambah menjadi 88 siswa terdiri dari 42 putri dan 43 putra.” pungkasnya.

Diketahui, dari 420 peserta yang mengikuti tes. 200 peserta dinyatakan lulus tes seleksi awal, 115 yang lolos hingga Tes Kesamaptaan dan Baris Berbaris. Dan 105 peserta yang lolos hingga Tes Pantukhir. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>