Published On: Kam, Nov 23rd, 2017

101 Calon Peserta Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak 2017 Kodim 0811 Tuban Jalani Pemeriksaan

seputartuban.com, TUBAN – Bakti Sosial Operasi Gratis Katarak yang dilaksanakan pada (30/11/2017) hingga (04/12/2017) merupakan program kerjasama antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  (Kemenkes RI) dengan TNI dalam rangka percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak di Indonesia.

NYATA PEDULINYA : Suasana pemeriksaan calon peserta operasi katarak

Berkaitan hal itu, Kodim 0811 Tuban bekerjasama dengan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban menggelar screening bagi penderita katarak yang sudah terdaftar dalam program Bakti Sosial TNI Operasi Katarak tersebut. Sebagai tahapan awal penentuan kondisi pasien layak dioperasi atau tidak.

Sebanyak 101 pasien yang sudah terdaftar melaksanakan screening secara bergiliran di RSNU. Mereka yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban datang dengan didampingi oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Babinsa dari masing-masing wilayah.

“Pada tahapan screening ini memang tidak kesemuanya terekomendasi dapat dilaksanakan operasi katarak, karena ada penderita yang gula darahnya tinggi, ada yang tensinya tinggi dan lain-lain yang tentunya sangat membahayakan kalau dilanjutkan pada tahap operasi,” terang Kasdim 0811 Tuban, Mayor Inf Suko Edi Winarto, S.Sos saat dilokasi kegiatan, Rabu (22/11/2017).

Program Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dan untuk penderita dari wilayah Kodim Tuban sendiri dilaksanakan di Rumah Sakit DKT Kediri pada tanggal 30 Nopember mendatang.

Selain Kasdim 0811 Tuban, tampak hadiri pula, Perwira Seksi Komsos Korem 082/CPYJ Mayor Inf Arifin selaku Tim Pengawas kegiatan, Pasiter Kodim 0811 Kapten Kav Suwito, Direktur RS NU Tuban Didik Suharsoyo. (PENDAMV/NAL)

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>