Published On: Jum, Mar 20th, 2015

1.070 Siswa SD Tuban “Dilantik” Jadi Dokter Gigi

TUBAN

WORLD ORAL HEALTH: Ribuan siswa SD di Kabupaten Tuban melakukan sikat gigi massal di Alun-alun Tuban, Jumat (20/03/2015) pagi.

WORLD ORAL HEALTH: Ribuan siswa SD di Kabupaten Tuban melakukan sikat gigi massal di Alun-alun Tuban, Jumat (20/03/2015) pagi. foto: WANTI TRI APRILIANA

seputartuban.com-Momen hari kesehatan mulut sedunia (world oral health day) yang jatuh Jumat (20/03/2015) hari ini di Kabupaten Tuban ditandai dengan acara sikat gigi massal.

Acara yang digelar pagi di Alun-alun Tuban ini dimarakkan 1.070 siswa dari SDN Kebonsari 1, SDN Latsari, SD Bina Anak Sholeh (BAS), sebelumnya dibuka dengan senam sehat bersama Bupati Tuban Fathul Huda beserta jajaran pemkab, Ketua DPRD, kepala sekolah beserta pada pendidik.

Dalam “senam” sikat gigi massal ini, seorang dokter gigi tanpa mengenakan jas dokter memandu lautan siswa dari sebuah panggung, dengan peraga sikat raksasa dan replika susunan gigi.

“Sebelumnya kami memberikan penyuluhan di sekolah masing-masing dan “melantik” dokter gigi kecil. Tujuannya agar mereka dapat mengetahui cara dan waktu menyikat gigi secara benar,” ujar ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tuban, drg Nurul Hikmah, yang sekaligus penanggungjawab acara.

Nurul menjelaskan, selama 21 hari ke depan pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban akan menyasar sekolah-sekolah untuk memeriksa kesehatan gigi siswa.

Kunjungan ke sekolah yang menjadi rangkaian peringatan hari kesehatan mulut sedunia tersebut, diagendakan seminggu sekali setiap hari Jumat.

“Selain sikat gigi massal, acara ini juga merupakan pelatihan bagi guru untuk menjadi kader kesehatan gigi yang nantinya akan membimbing murid-muridnya,” tutur Nurul.

Menurut dia, momen ini sekaligus untuk menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam tingkat global. Peringatan hari kesehatan gigi dan mulut merupakan kesempatan untuk melakukan kegiatan dan inisiatif.

Khusus yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, serta juga pengaruhnya terhadap kesehatan umum maupun kehidupan sosial. Melalui peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata kesehatan.

“Terutama kesehatan gigi dan mulut yang harus terus ditingkatkan seiring dengan berkembangnya dunia,” tegas Nurul.

Pada bagian lain, dia mengimbuhkan momen ini sekaligus juga bertepatan dengan perencanaan lomba sekolah sehat (LSS) yang akan dibina oleh PDGI dan Dinas Kesehatan. Sebagai pelaksana LSS perwakilan Jawa Timur adalah SDN Kebonsari 1 Tuban. WANTI TRI APRILIANA

Facebook Comments

About the Author